Kepulawan Widi dikenal dengan sebutan “Pulau Widi

Sabtu, 25 Apr 2020

Kepulawan Widi dikenal dengan sebutan “Pulau Widi"

Siapa yang belum tahu Kepulauan Widi? Surga indah yang berlokasi di Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara ini seperti menyimpan pesonanya yang memukau. Konon kecantikannya jauh melebihi Kepulauan Maldives, loh! Simak liputannya berikut!

Kepulauan Widi merupakan 2 atol besar yang terdiri dari 104 pulau kecil. Dua atol tersebut diberi nama Daga Weda dan Daga Widi.

Dari ratusan pulau yang ada, hanya satu yang berpenghuni, yaitu Pulau Daga Kecil. Ada sekitar 15 kepala keluarga yang bermukim di pulau ini, namun hanya satu yang benar-benar menetap di sini. Sisanya hanya datang ketika memancing atau membuat ikan asin.

Keindahan Kepulauan Widi sendiri belum diketahui para traveler. Bahkan saya pribadi yang merupakan putra daerah Halmahera Selatan baru mengetahui tentang keindahan pulau ini pada tahun 2013.

Saat saya mengunjungi pulau ini untuk pertama kalinya pada tahun 2017, mata saya dibuat takjub dengan pemandangan deretan pulau yang terbentang di sepanjang lautan yang berwarna biru tosca. Serasa seperti surga yang turun ke permukaan bumi!

Karena terdiri dari 2 buah atol besar, kepulauan ini menyimpan keindahan bawah laut yang luar biasa indahnya. Cocok bagi para pecinta kegiatan snorkeling dan divers.

Selain itu, keindahan aneka jenis karang dan ikan yang lalu lalang di bawah laut akan semakin menambah semarak kehidupan dasar laut.

Selain melakukan aktivitas snorkeling dan diving, para wisatawan juga dapat menikmati keindahan rangkaian pulau kecil. Tercatat ada 104 pulau yang dapat dijelajahi, apalagi saat air laut surut, kalian bisa berjalan-jalan di sekitarnya. Bisa dibuat berfoto instagramable juga, loh!

Menu Index