Pasar Sejarah, Amasing Kota Diresmikan Oleh Bupati Halsel.

Senin, 25 Jan 2021

Labuha-Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba,pada Senin, 25 Januari 2021, meresmikan bangunan Pasar lama Desa Amasing Kota

Pasar Sejarah, Amasing Kota Diresmikan Oleh Bupati Halsel. Bupati Halmahera Selatan saat menggunting Pita Peresmian

Labuha - Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba,pada Senin, 25 Januari 2021, meresmikan bangunan Pasar lama Desa Amasing Kota.
Pada kesempatan tersebut Bupati Halsel Bahrain Kasuba, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pasar tersebut merupakan pasar yang sangat bersejarah. Sehingga menurutnya Pemerintah Daerah harus merenovasi dan membangun kembali demi kesejahteraan Masyarakat Desa Amasing Kota.
"Pasar ini sangat bersejarah karena sudah ada sejak tahun 1957, yang dibangun oleh  salah satu tokoh penting masyarakat Amasing yakni Muhammad Saha Kamarullah, dan kemudian diresmikan pertama kali oleh Gubernur Maluku ke-II Muhammad Padang,"jelas Bupati
Lanjutnya, Karena pasar tersebut merupakan salah satu pasar yang bersejarah, maka sebagai Bupati saat ini yang berada di pulau Bacan sejak kecil mempunyai perhatian khusus untuk membangunnya kembali.
"Alhamdulilah hari ini pasar yang bersejarah di bacan ini, kita sama-sama resmikan kembali,"ungkapnya
Bahrain juga menyampaikan walaupun hanya berkesempatan memimpin Halsel 5 tahun saja, namun dirinya telah mampu membangun berbagai pembangunan di Halsel, salah satunya pembangunan ekonomi masyarakat, dengan meresmikan pasar tradisional yang bersejarah pada hari ini.
"Ini masih singkat namun saya bersyukur bisa membangun berbagai macam Fasilitas Ekonomi untuk masyarakat Halmahera Selatan dapat menikmati," ujar Bupati.
Bupati berharap agar Pasar tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, oleh masyarakat yang berada di dalam Ibu Kota Labuha. Ia dengan tegas menyatakan bahwa yang bisa berjualan di pasar ini hanyalah, para Pedagang yang berada di Desa Amasing Kota, Amasing Kota Barat, dan Amasing Kota Utara. Sedangkan untuk Desa Labuha, bisa berjualan di Pasar Towukona Kecamatan Bacan Selatan.
Sementara, Kepala Desa Amasing Kota, Buhari Iskandar Alam, dalam sambutanya merasa bangga dan sangat senang, karena pasar yang selama ini diidamkan oleh masyarakat di wilayah Amasing telah direalisasikan oleh Bupati Halsel.
"Alhamdulillah masyarakat dan pedagang khususnya pedagang Barito dan sayur sudah dapat berjualan dengan nyaman di pasar Amasing ini, " terangnya.
Kades juga menyampaikan atas nama warga Amasing Kota dan sekitarnya mengucapkan  terima kasih kepada Pemerintah Daerah, kususnya Bupati, karena telah mampu membangun sebuah pasar dengan konseb modern dan megah.
Peresmian Pasar di Desa Amasing Kota, Kecamatan Bacan yang ditandai dengan pengguntingan Pita serta pelatakan Prasasti Oleh Bupati Halsel Bahrain Kasuba tersebut, dihadiri oleh Pejabat Esalon II dan III dilingkup Pemkab Halsel, Kapolsek Pulau Bacan, Perangkat Adat Kesultan Bacan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Pedagang, serta Masyarakat Desa Amasing Kota. (DS)

Menu Index