Rapat Paripurna, Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi Terkait Rancangan Peraturan APBD Tahun Anggaran 2019

Website Resmi Pemkab Halmahera Selatan

Rapat Paripurna, Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi Terkait Rancangan Peraturan APBD Tahun Anggaran 2019

3 Desember 2018 BERITA UTAMA KEGIATAN PEMKAB HALSEL 0

 

Tangapan Bupati Halsel, atas Penyampaian Umum Fraksi-Fraksi

Labuha- Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Hi. Bahrain Kasuba menyampaikan jawaban atas pandangan umum Fraksi-Fraksi terkait Rancangan Peraturan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019, melalui sidang Peripurna yang digelar pada Senin, 03 Desember 2018.

Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Halsel itu dihadiri juga oleh Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim, Ketua DPRD Halsel Umar H. Soleman, Wakil Ketua I DPRD Halsel Asnawi Lagalente, dan anggota DPRD Halsel lainnya.Turut hadir Forkompimda Halsel, serta Pimpinan SKPD, dan Instansi Fertikal.

Dalam tanggapannya Bupati Halsel,Hi. Bahrain Kasuba menyampaikan bahwa sebagai tindak lanjut dari Rapat Paripurna DPRD tentang pandangan umum Fraksi-Fraksi atas rancangan peraturan Daerah APBD tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu. Ia menanggapi pendapat dan pertanyaan yang berkaitan dengan kinerja PAD yang tidak maksimal.

“Dari semua Fraksi dapat kami jelaskan bahwa memang kinerja PAD beberapa tahun terakhir sangat renda yakni pada kisaran angka 3 persen dari total pendapatan,”kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan upaya yang akan dilakukan dalam rangka meningkatkan PAD antara lain, Pemerintah Daerah telah membentuk tim optimalisasi PAD yang akan bertugas mengindentifikasi potensi-potensi PAD yang belum dikelola, serta memaksimalkan pengelolaan PAD yang sudah ada.

Pemda juga, lanjutnya akan memberikan perhatian khusus terhadap pembinaan SDM yang mengelola PAD. Kemudian Perangkat Daerah yang tidak optimal menjalankan tugas dan fungsinya akan dievaluasi, dan akan melakukan usaha-usaha lain yang sifatnya Intensifikasi maupaun Ekstensifikasi untuk peningkatan PAD. Selanjutnya Pimpinan OPD akan terus didorong agar meningkatkan kreativitas dan Inovasi dalam rangka peningkatan PAD.

Bupati juga menyampaikan bawah pemerintah juga tetap konsisten mempertahankan nasib tenaga honorer yang ada. Kemudian akan mendistribusikan guru kedaerah-daerah terpencil terutama dari bagi ASN. Dirinya berharap dengan rekrutmen CPNS 2018 ini dengan alokasi tenaga guru yang cukup besar, sehingga dapat mengisi daerah-daerah yang selama ini masih kekurangan guru terutama dari ASN.

Sedangkan bagi tenaga kesehatan itu menjadi perhatian Pemerintah Daerah sampai ke desa-desa, dengan alokasi 60 tenaga medis pada rekrutmen CPNS 2018 dapat menjadi solusi kekurangan tenaga medis terutama yang berstatus ASN. Selanjutnya untuk peningkatan pelanyanan administrasi kependudukan tetap menjadi komitmen Pemerintah Daerah.

” Kami berharap dapat dibahas dan disepakati menjadi Peraturan Daerah APBD tahun anggaran 2019, dan semoga apa yang kita hasilkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Halsel dalam rangka peningkatan kesejatraan Masyarakat, “harap Bupati. (Tk)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *