Visi dan Misi RPJP Kabupaten Halmahera Selatan

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dalam rangka memberikan arah yang jelas tentang pembangunan jangka panjang daerah, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan telah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2005-2025 yang ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Nomor 5 Tahun 2009. RPJP Daerah Kabupaten Halmahera Selatan tersebut berisikan penjabaran secara lebih rinci dari tujuan dan cita-cita dibentuknya Kabupaten Halmahera Selatan sebagaimana tertera dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2003.

RPJP Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2005-2025 bertujuan untuk memberikan arah dan pentahapan pembangunan jangka panjang daerah beberapa tahun ke depan. Dengan demikian diharapkan seluruh upaya yang dilakukan oleh masing- masing pelaku pembangunan, akan bersinergis, koordinatif dan saling melengkapi satu sama lainnya di dalam mendorong proses pembangunan daerah Halmahera Selatan secara keseluruhan.

Visi Pembangunan Jangka Panjang

Visi pada dasarnya adalah kondisi masa depan yang diharapkan dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu. Memperhatikan kondisi umum dan permasalahan yang dihadapi Kabupaten Halmahera Selatan, prediksi 20 tahun mendatang dan hasil penjaringan aspirasi masyarakat yang dilakukan sebelumnya, dapat ditetapkan visi pembangunan jangka panjang Kabupaten Halmahera Selatan pada Tahun 2025 mendatang adalah: ”Menjadi Kabupaten Kepulauan yang Adil dan Damai, Maju dan Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat, Melayani dan Diridhoi Allah Yang Maha Kuasa”

Visi di atas mengandung pengertianbahwa :

Kabupaten Halmahera Selatan telah dikaruniai Allah Yang Maha Kuasa dengan wilayah yang berkarakter kepulauan. Wilayah seperti ini memiliki karakteristik khas dalam hal kondisi alam dan penduduknya. Kondisi alam yang kaya akan berbagai potensi dan penduduk yang beragam suku, bahasa dan agama adalah karakteristik khas kepulauan yang harus disyukuri melalui pengelolaan yang sesuai dengan tuntutan karakteristiknya.

Adil adalah kata kunci untuk meredam semua potensi konflik dan potensi buruk yang mengancam kesatuan wilayah Kabupaten Halmahera Selatan. Ketidakadilan adalah akar dari semua bentuk kecemburuan, ketegangan dan konflik sosial. Sebaliknya, perwujudan nilai keadilan yang bermakna menempatkan dan memperlakukan sesuatu sesuai dengan tempat dan ukurannya, dalam aspek sosial, ekonomi, politik, hubungan antar agama dan suku serta semua aspek kehidupan masyarakat lainnya.

Damai adalah kebutuhan mendasar masyarakat sebagai prasyarat dalam melakukan pembangunan pada semua aspek. Untuk itu perlu menciptakan stabilitas sosial, politik dan keamanan dalam berbagai kehidupan masyarakat.

Wilayah kepulauan yang dikelola dengan adil dalam suasana damai akan menjadikan Kabupaten Halmahera Selatan sangat berpotensi untuk maju dan mandiri. Sumber daya yang ada harus dioptimalkan menjadi potensi unggulan dan daya saing daerah. Semua potensi lokal harus diapresiasi, diolah dan dikembangkan menjadi bagian dari proses kemajuan dan kemandirian daerah.

Sejahtera dan bermartabat adalah kondisi masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan yang dicita-citakan 20 tahun ke depan. Sejahtera mengacu kepada capaian-capaian indikator pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi. Sementara bermartabat mengacu kepada pengamalan nilai-nilai agama, kepercayaan diri yang timbul akan prestasi daerah dan moral yang menjadi landasan mengabdi kepada kemajuan Kabupaten Halmahera Selatan. Selain itu, termasuk di dalamnya adalah penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia dan meningkatnya harkat kemanusiaan yang semakin beradab.

Visi di atas harus didukung oleh sistem pemerintahan yang berparadigma melayani, tanpa membeda-bedakan asal kelompok, suku maupun agama. Sistem pemerintahan dan birokrasi harus menjadi khadimatul ummat, artinya pelayan bagi seluruh masyarakat.

Aparat birokrasi dalam melayani tanpa pamrih. Motifnya semata-mata mengabdi kepada Allah SWT dan demi kemajuan daerahnya. Di depan memberi contoh kepada masyarakat dan di belakang memberi motivasi. Karakter birokrasi semacam inilah yang akan mengetuk pintu langit untuk turunnya ridho Allah Yang Maha Kuasa kepada Kabupaten Halmahera Selatan menjadi Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghafur di mana berkah dari langit akan turun melingkupi.

Misi Pembangunan Jangka Panjang

Untuk mewujudkan Visi Jangka Panjang Kabupaten Halmahera Selatan tersebut ditempuh melalui            6 (enam) Misi Pembangunan Kabupaten Halmahera Selatan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan stabilitas sosial, politik dan keamanan adalah mematuhi aturan hukum, menjaga keamanan lingkungan, memelihara kerukunan internal dan antar umatberagama, penegakan hukum dan hakasasi manusia, memantapkan persatuan dan kesatuan masyarakat Halmahera Selatan yang heterogen, memberdayakan peran partai poltik sebagai saluran aspirasi politik masyarakat, perluasan akses masyarakat terhadap media massa. Stabilitas bertujuan menciptakan kondisi aman dan damai sehingga masyarakat dapat melaksanakan pembangunan di segala bidang.
  2. Mewujudkan pemerataan pembangunan yang adil adalah pembangunan berpihak kepada masyarakat, mengurangi kesenjangan sosial dalam masyarakat, kesenjangan antar wilayah, menanggulangi kemiskinan dan pengangguran, serta menyediakan akses yang sama bagi masyarakat terhadap berbagai pelayanan dasar dan sosial serta sarana dan prasarana ekonomi.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan budaya untuk kemajuan wilayah artinya mengutamakan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing berbasis kelautan dan kepariwisataan, pengembangan akses dan mutu pendidikan, peningkatan derajat kesehatan, peningkatan peran serta perempuan dan pemuda dalam pembangunan, pengendalian laju pertumbuhan penduduk, peningkatan kapasitas aparatur serta kelembagaan pemerintahan daerah dan desa, mengembangkan budaya dan kearifan lokal.
  4. Mewujudkan pembangunan ekonomi, infrastruktur dan pengelolaan sumber daya alam untuk mendorong terbentuknya kemandirian daerah artinya optimalisasi pengembangan potensi ekonomi lokal berbasis keunggulan komparatif dan kompetitif dengan membangun sistem produksi dan distribusi yang terpadu, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang berwawasan pariwisata, bahari dan kelautan, meningkatkan kegiatan perdagangan dan investasi, pengembangan sektor keuangan, UKM dan Koperasi, diversifikasi bahan pangan lokal, pengembangan komoditas pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan berorientasi ekspor, pemanfaatan potensi tambang dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan, pemeliharaan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati kelautan secara berkelanjutan, membangun ekonomi kelautan secara terpadu, pemanfaatan ruang yang serasi antara permukiman, kegiatan sosial dan ekonomi serta upaya konservasi, penyediaan infrastruktur wilayah, infrastruktur ekonomi, serta utilitas pendukungnya, pengembangan pusat-pusat pertumbuhan wilayah.
  5. Mewujudkan masyarakat yang sejahtera, bermartabat, bermoral dan Berbudaya berlandaskan nilai-nilai agama artinya pelaksanaan pembangunan menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkesinambungan ditandai dengan semakin meningkatnya kualitas pendidikan, derajat kesehatan, serta keadaan sosial dan ekonomi masyarakat yang semakin baik, memperkuat jati diri dan karakter masyarakat melalui pendidikan agama yang bertujuan membentuk manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang MahaEsa, menerapkan nilai-nilai luhur budaya bangsa, dan memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia dalam rangka memantapkan landasan spiritual, moral dan etika bangsa, mematuhi aturan hukum, memelihara kerukunan internal dan antar umatberagama.
  6. Meningkatkan Tata Pemerintahan Yang Baik, Bersih, Berwibawa dan Melayani yang diridhoi Allah Yang Maha Kuasa artinya membangun sistem pemerintahan dan birokrasi yang berparadigma melayani / khadimatul ummat, pembinaan aparatur berbasis nilai, peningkatan kualitas dan kinerja aparatur pemerintahan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan publik, peningkatan Kesejahteraan aparatur dilakukan guna mengeliminir penyalahgunaan wewenang, peningkatan kualitas sistem keuangan daerah, peningkatan sistem pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan dan pemeriksaan, peningkatan kualitas perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah, peningkatan kualifikasi dan kompetensi aparatur, menerapkan prinsip-prinsip Good Governance.

Visi Dan Misi Jangka Menengah Provinsi Maluku Utara

Sebagai bagian dari Provinsi Maluku Utara, maka sangat penting bagi Kabupaten Halmahera Selatan untuk merujuk pada visi dan misi pembangunan jangka menengah Provinsi Maluku Utara. Visi jangka menengah Provinsi Maluku Utara tahun 2014-2019 sebagaimana ditetapkan dalam Perda Provinsi Maluku Utara No. 2 tahun 2015 adalah sebagai berikut: “Maluku Utara CINTA 2019”

Kata CINTA yang terkandung dalam visi ini adalah akronim dari Cerdas, Indah, Nikmat, Taqwa, dan Aman, sebagai tujuan yang ingin dicapai. Adapun makna CINTA berarti cinta kepada negeri Maluku Utara dan rakyatnya dengan sepenuh hati, sehingga menjadi pembangkit energi yang besar untuk membawa Provinsi Maluku Utara mencapai tujuan. Untuk mewujudkan Maluku Utara Cerdas, Indah, Nikmat, Takwa dan Aman 2019, maka dijabarkan visi sebagai berikut:

  • Membangun Maluku Utara Cerdas mengandung arti mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, unggul, amanah dan berdaya saing melalui pendidikan dan kesehatan.
  • Membangun Maluku Utara Indah mengandung arti mewujudkan keseimbangan dan stabilitas pembangunan melalui Distribusi sumber daya secara adil dan merata.
  • Membangun Maluku Utara Nikmat mengandung arti mewujudkan pembangunan infrastruktur untuk pemenuhan kebutuhan dasar, mendorong pertumbuhan dan perkembangan wilayah serta integrasi wilayah kepulauan.
  • Membangun Maluku Utara Taqwa mengandung arti mewujudkan kehidupan masyarakat Maluku Utara yang beragama, beradab, berbudaya dan bermartabat.
  • Membangun Maluku Utara Aman mengandung arti mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang melayani, bersih, dan berwibawa.

Untuk mewujudkan visi CINTA tersebut, ada 5 Misi yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara:

  1. Membangun Masyarakat Maluku Utara yang memiliki kualitas hidup baik untuk dapat bekerja secara mandiri (Misi Cerdas).
  2. Mendorong pertumbuhan, stabilitas dan pendistribusian pembangunan ekonomi secara adil dan merata serta peningkatan nilai tambah produksi melalui pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan (Misi Indah).
  3. Mempercepat pembangunan infrastruktur untuk menunjang pengembangan ekonomi wilayah (Misi Nikmat).
  4. Membangun kehidupan beragama dan berbudaya yang menjadi inspirasi bagi kebangkitan seluruh sektor kehidupan masyarakat Maluku Utara (Misi Taqwa).
  5. Memperbaiki tata kelola pemerintahan Maluku Utara untuk mewujudkan pemerintahan yang melayani, bersih, dan berwibawa (Misi Aman).

Visi Jangka Menengah Kabupaten Halmahera Selatan

Sesuai dengan ketentuan Undang-undang No. 23 Tahun 2014, visi dan misi pembangunan jangka menengah adalah visi dan misi Kepala Daerah yang terpilih dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada). Visi dan misi ini dijadikan dasar utama penyusunan kebijakan umum pembangunan daerah dalam RPJMD ini karena telah disetujui mayoritas masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan yang dibuktikan oleh hasil pemungutan suara dalam Pemilukada tahun 2015 yang lalu. Hal ini dilakukan sesuai dengan prinsip pembangunan dalam era demokratisasi dan otonomi, yaitu seluruh kebijakan pembangunan daerah harus sesuai dengan keinginan dan aspirasi masyarakat secara keseluruhan.

Memantapkan pembangunan Halmahera Selatan

sebagai kabupaten kepulauan yang sejahtera dan berdaya saing

dalam kebersamaan yang adil pada tahun 2021

Dengan menyelaraskan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dengan sasaran pokok dan arah kebijakan RPJPD Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2005-2025 serta mempertimbangkan isu-isu strategis yang ada maka VISI RPJMD Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2016-2021 adalah :

Penjelasan Visi:

MEMANTAPKAN PEMBANGUNAN adalah bentuk kebijakan dalam tahapan pembangunan Halmahera Selatan yang MEMPERKUAT pembangunan sumber daya manusia dan kehidupan sosial, MEMANTAPKAN reformasi birokrasi, serta MEMPERCEPAT pembangunan infrastruktur dan kawasan strategis cepat tumbuh berbasis potensi unggulan.

KABUPATEN KEPULAUAN adalah karakter wilayah Halmahera Selatan dengan spesifikasi kepulauan dan kelautan sebagai identitas dan prioritas pembangunan utama untuk kesejahteraan masyarakat.

SEJAHTERA adalah menggambarkan derajat kehidupan masyarakat Halmahera Selatan yang meningkat dengan terpenuhinya kebutuhan dasar pendidikan, kesehatan, terbukanya kesempatan kerja dan berusaha, serta lingkungan fisik, sosial dan religius sebagai perwujudan masyarakat yang sejahtera.

BERDAYA SAING adalah menggambarkan kondisi Kabupaten Halmahera Selatan yang memiliki keunggulan lebih dalam bidang Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi di Kawasan Timur Indonesia. Dan masyarakat berdaya saing adalah masyarakat yang mampu memanfaatkan keunggulan komparatif secara efektif dan mampu menciptakan keunggulan kompetitif sehingga dapat bersaing secara sehat dengan lingkungan lokal, regional dan nasional.

DALAM KEBERSAMAAN YANG ADIL adalah menggambarkan situasi Kabupaten Halmahera Selatan yang dapat menjadi rumah bagi berbagai macam suku bangsa yang ada di dalamnya, dan mendapatkan perlakuan yang adil tanpa membeda-bedakan agama, suku maupun golongan.

Visi ini dijabarkan lebih lanjut ke dalam misi yang menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan yang terdiri dari aparatur pemerintah daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, organisasi politik, organisasi sosial kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi profesi, lembaga pendidikan, dunia usaha, tokoh masyarakat, dan seluruh anggota masyarakat untuk mewujudkan cita-cita masa depan.

  • Misi Jangka Menengah Kabupaten Halmahera Selatan
  •  Memperkuat Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualitas hidup baik untuk dapat bekerja secara mandiri.
  •  Memantapkan Kehidupan Sosial Masyarakat yang harmonis dan religius berbasis revolusi mental.
  • Memantapkan Reformasi Birokrasi menuju pemerintahan yang bebas KKN, profesional dan melayani
  • Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk menunjang pembangunan daerah.
  •  Membangun Ekonomi Daerah berbasis Kawasan Strategi

Misi yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan untuk mencapai Visi pada tahun 2021 adalah sebagai berikut: 

Penjelasan masing-masing Misi:

  1. Misi pertama merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan akses pendidikan, kesehatan dan ekonomi untuk mendorong terbentuknya SDM Halmahera Selatan yang berkualitas tinggi dan mampu bekerja mandiri untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera.
  2. Misi kedua merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan untuk mengarahkan pembangunan kehidupan sosial sebesar-besarnya untuk penguatan kehidupan masyarakat Halmahera Selatan yang religius, bertanggung jawab, gotong-royong, tentram dan tertib serta penuh keteladanan.
  3. Misi ketiga merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan untuk terus Memantapkan tata kelola pemerintahan berdasarkan prinsip good governance dan clean government untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.
  4. Misi keempat merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dalam mempercepat pembangunan infrastruktur yang bertujuan untuk peningkatan aksesibilitas pelayanan publik dan pembangunan ekonomi daerah.
  5. Misi kelima merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan untuk mempercepat penyiapan infrastruktur di kawasan strategis sebagai pusat kegiatan ekonomi sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwisata yang menjadi unggulan daerah, serta mengkondisikan masyarakat di kawasan tersebut agar siap secara politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya menerima keberadaan kawasan strategis di wilayahnya.
    • Prinsip, Nilai dan Norma Pembangunan Halmahera Selatan

Prinsip, nilai dan norma pembangunan yang perlu diperhatikan dan dijalankan untuk mencapai visi dan misi daerah Kabupaten Halmahera Selatan adalah sebagai berikut:

  • Prinsip
Demokrasi:Menjunjung tinggi kebebasan mengeluarkan pendapat dalam kehidupan masyarakat.
Partisipasi:Setiap warga memiliki hak yang sama dalam pembuatan keputusan, baik secara langsung maupun melalui intermediasi institusi  legitimasi yang mewakili kepentingannya.
Transparansi:Transparansi dibangun atas dasar kebebasan arus informasi. Proses-proses, lembaga-lembaga, dan informasi secara langsung dapat diterima oleh mereka yang membutuhkan. Informasi harus dapat dipahami dan dapat dimonitor.
Akuntabilitas:Para pembuat keputusan dalam pemerintahan, sektor swasta, dan masyarakat (civil society) bertanggungjawab kepada publik dan para pemangku kepentingan (stakeholders).
Desentralisasi:Penyerahan sebagian wewenang kabupaten kepada pemerintah di bawahnya.
Inovasi:Proses atau hasil pengembangan atau pemanfaatan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses atau sistem yang baru, yang memberikan nilai tambah.
  • Nilai-nilai
Keadilan:Sikap dan tindakan seseorang yang memperlakukan orang lain sesuai dengan fungsi, peran dan tanggungjawabnya dan memperhatikan hak dan kewajiban masyarakat.
Profesional:Terampil, handal, dan bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya.
Integritas:Kepribadian yang dilandasi unsur kejujuran, keberanian, kebijaksanaan, dan pertanggungjawaban sehingga menimbulkan kepercayaan dan rasa hormat.
Tanggung jawab:Kesediaan menanggung sesuatu, yaitu bila salah wajib memperbaikinya atau berani dituntut atau diperkarakan.
Kemandirian:Sifat, watak, dan tindakan yang jelas dan tidak bergantung pada pihak lain.
Disiplin:Sikap yang selalu taat kepada aturan, norma dan prinsip-prinsip tertentu.
Kerjasama:Komitmen di antara anggota masyarakat/organisasi untuk saling mendukung satu sama lain, menghindari ego sektoral yang mementingkan bagian organisasinya sendiri.
Kesetaraan:Semua bagian organisasi akan bekerja sesuai dengan fungsi masing-masing dengan tetap memperhatikan pencapaian hasil akhir bagi organisasi secara keseluruhan.
Kebersamaan dalam Keragaman:Sikap dan perilaku yang secara bersama-sama pada suatu ruang atau waktu yang sama menunjukkan tingkah laku secara spontan demi kepentingan dan tujuan bersama.
  • Norma
Dokumen perencanaan:Perencanaan pembangunan harus dijalankan berbasis dokumen perencanaan yang telah disepakati antara pemerintah daerah, DPRD dan stakeholder pembangunan lainnya.
Outcome:Pelaksanaan pembangunan harus mengutamakan hasil dari kegiatan yang dilakukan, bukan hanya output (keluaran) ataupun jumlah kegiatan dari program-program pembangunan.
Money follow program:Penganggaran pembangunan dilakukan sesuai dengan program-program pembangunan yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah sesuai prioritasnya masing-masing.
  • Tujuan dan Sasaran

Penetapan tujuan dan sasaran didasarkan pada faktor-faktor kunci keberhasilan yang dilakukan setelah penetapan visi dan misi. Tujuan dan sasaran dirumuskan dalam bentuk yang lebih tepat dan terarah dalam rangka mencapai visi dan misi.

  • Tujuan

 

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi dan tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahun. Tujuan masing-masing Misi Pembangunan Halmahera Selatan dapat dijabarkan sebagai berikut:

Tujuan Misi Satu:

  • Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kualitas pendidikan dan kesehatan yang baik.
  • Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang dapat bekerja secara mandiri.
  • Mewujudkan peningkatan kesejahteraan keluarga.

 Tujuan Misi Dua:

  • Mewujudkan kondisi sosial masyarakat yang religius, bertanggung jawab, gotong-royong, tentram dan tertib serta penuh keteladanan.
  • Meningkatkan peran generasi muda, prestasi olah raga dan ekspresi seni budaya
  • Menyediakan fasilitas dasar sosial (tempat ibadah, tempat rekreasi, ruang serbaguna dsb) yang cukup dan berkualitas.

Tujuan Misi Tiga:

  • Memantapkan Reformasi Birokrasi dan Budaya Kerja yang Profesional, bebas KKN dan melayani.
  • Mewujudkan pelayanan publik yang bebas KKN, professional dan melayani masyarakat.
  • Mewujudkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berkualitas dan terukur baik.

Tujuan Misi Empat:

  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur ekonomi.
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur pendidikan, kesehatan, perumahan, dan
  • Meningkatkan kualitas pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan dan mitigasi bencana.
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur pemerintahan
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur perdesaan

Tujuan Misi Lima:

  • Meningkatkan perekonomian daerah
  • Meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat
  • Mempercepat pembangunan infrastruktur Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) Labuha dan Kawasan Strategis Kabupaten
  • Mengkondisikan kesiapan masyarakat dari sisi politik, ekonomi, hukum, sosial dan budaya dalam membangun PKW Labuha dan Kawasan Strategis.

Sasaran

Sasaran adalah penjabaran dari tujuan, yaitu sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi pemerintah dalam jangka waktu tahunan, semesteran, triwulanan, atau bulanan. Sasaran diusahakan dalam bentuk kuantitatif sehingga dapat diukur. Sasaran ditetapkan dengan maksud agar perjalanan atau proses kegiatan dalam mencapai tujuan dapat berlangsung secara fokus, efektif, dan efisien.

 Tujuan dan Sasaran Misi Satu:

  • Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kualitas pendidikan dan kesehatan yang baik.

Sasaran:

  1. Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan pendidikan
  2. Meningkatnya derajat kesehatan masyarakat
  • Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang dapat bekerja secara mandiri.

Sasaran:

  1. Meningkatnya kualitas tenaga kerja dan lembaga pendidikan ketenagakerjaan
  2. Meningkatnya jumlah wirausaha dan keunggulan Koperasi serta UMKM di Halmahera Selatan
  • Mewujudkan peningkatan kesejahteraan keluarga

Sasaran:

  1. Meningkatnya peran perempuan dalam bidang politik, ekonomi dan sosial serta meningkatnya perlindungan terhadap perempuan dan anak.
  2. Terkendalinya pertumbuhan dan persebaran penduduk.

Tujuan dan Sasaran Misi Dua:

  • Mewujudkan kondisi sosial masyarakat yang religius, bertanggung jawab, gotong-royong, tentram dan tertib serta penuh keteladanan

Sasaran:

  1. Meningkatnya kualitas kehidupan beragama masyarakat
  2. Meningkatnya kesadaran hokum, wawasan kebangsaan, politik dan berdemokrasi masyarakat Halmahera Selatan;
  3. Terkendalinya ketentraman dan ketertiban masyarakat;
  4. Meningkatnya kualitas pelayanan sosial untuk Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)
  • Meningkatkan peran generasi muda, prestasi olah raga dan ekspresi seni budaya

Sasaran:

  1. Meningkatnya peran dan partisipasi generasi muda dan prestasi olah raga
  2. Meningkatnya kepedulian masyarakat pada seni budaya
  • Menyediakan fasilitas dasar sosial (tempat ibadah, tempat rekreasi, ruang serbaguna dsb) yang cukup dan berkualitas

Sasaran:

  1. Meningkatnya jumlah tempat ibadah yang berkualitas
  2. Tersedianya sarana olah raga dan rekreasi bagi masyarakat dalam jumlah cukup dan berkualitas
  3. Tersedianya ruang serba guna dan fasilitas dasar sosial lainnya dalam jumlah yang cukup

 Tujuan dan Sasaran Misi Tiga:

  • Memantapkan Reformasi Birokrasi dan Budaya Kerja yang Profesional bebas KKN dan melayani

Sasaran:

  1. Terbentuknya budaya kerja birokrasi yang profesional, bebas KKN dan melayani
  2. Meningkatnya integritas, akuntabilitas dan transparansi Aparatur Sipil Negara
  3. Meningkatnya kualitas SDM Aparatur Sipil Negara
  4. Meningkatnya kapasitas kelembagaan Pemerintah Daerah dan DPRD
  5. Meningkatnya efektifitas dan efisiensi birokrasi
  6. Meningkatnya kemampuan pengelolaan keuangan dan kekayaan daerah
  • Mewujudkan pelayanan publik yang bebas KKN, professional dan melayani masyarakat

Sasaran:

  1. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pelayanan administrasi kependudukan
  2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pelayanan perizinan
  3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pelayanan perpustakaan dan kearsipan
  • Mewujudkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berkualitas dan terukur baik
  1. Meningkatnya kemampuan aparatur sipil dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan
  2. Meningkatnya partisipasi masyarakat dan swasta dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan
  3. Meningkatnya kualitas database sebagai dasar perencanaan pembangunan
  4. Meningkatnya pemanfaatan hasil penelitian dalam pembangunan daerah

Tujuan dan Sasaran Misi Empat:

  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur ekonomi

Sasaran:

  1. Meningkatnya prasarana dan sarana pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwisata.
  2. Meningkatnya pemanfaatan sumber daya energy.
  3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas prasarana dan sarana transportasi darat dan laut.
  4. Meningkatnya ketersediaan air baku untuk kebutuhan domestik dan non domestik.
  5. Meningkatnya kuantitas dan kualitas komunikasi dan pemanfaatan teknologi informasi.
  6. Meningkatnya ketahanan pangan daerah
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur pendidikan, kesehatan, perumahan, dan sosial.

Sasaran:

  1. Meningkatnya prasarana dan sarana pendidikan
  2. Meningkatnya prasarana dan sarana kesehatan
  3. Meningkatnya kualitas prasarana dan sarana perumahan dan kawasan permukiman
  4. Meningkatnya akses pelayanan dan kualitas air bersih dan akses sanitasi yang layak
  • Meingkatkan kualitas pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan dan mitigasi bencana

Sasaran:

  1. Meningkatnya kualitas lingkungan hidup
  2. Meningkatnya kemampuan mitigasi dan penanganan bencana
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur pemerintahan

Sasaran:

  1. Meningkatnya prasarana dan sarana pemerintahan
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur perdesaan

Sasaran:

  1. Penurunan desa tertinggal melalui peningkatan kuantitas dan kualitas infrastruktur perdesaan

Tujuan dan Sasaran Misi Lima:

  • Meningkatkan perekonomian daerah

Sasaran:

  1. Meningkatnya daya saing industri dan perdagangan, pariwisata, pertanian dan perikanan
  2. Meningkatnya penanaman modal di Halmahera Selatan
  3. Meningkatnya daya saing komoditi rempah dan penyegar beserta produk turunannya.
  • Meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat

Sasaran:

  1. Meningkatnya pendapatan dan menurunnya disparitas pendapatan masyarakat
  • Mempercepat pembangunan infrastruktur Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) Labuha dan Kawasan Strategis Kabupaten

Sasaran:

  1. Terlaksananya koordinasi lintas sektor pemerintah daerah yang baik dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis;
  2. Tersedianya prasarana dan sarana di Kawasan Strategis sesuai kebutuhan untuk segera memulai kegiatan usaha.
  3. Meningkatnya pemanfaatan kawasan sesuai peruntukan Tata Ruang
  4. Meningkatnya kualitas penataan kawasan perkotaan
  5. Mengkondisikan kesiapan masyarakat dari sisi politik, ekonomi, hukum, sosial dan budaya dalam membangun PKW Labuha dan Kawasan Strategis;

Sasaran:

  1. Terkondisikannya masyarakat yang tinggal di Kawasan Strategis dari sisi politik, ekonomi, hukum, sosial dan budaya dalam menerima perubahan yang terjadi dari pembangunan Kawasan Strategis.
  2. Tersedianya SDM lokal yang memiliki kualifikasi yang baik dalam jumlah yang cukup untuk berkiprah di Kawasan Strategis.

Disamping tujuan dan sasaran tersebut di atas yang hendak dicapai dalam lima tahun mendatang, Pembangunan Kabupaten Halmahera Selatan pada tahun 2016-2021 juga diarahkan pada 10 Prioritas Pembangunan dalam 3 Dimensi Pembangunan Kabupaten Halmahera Selatan, yaitu:

  1. Dimensi pembangunan manusia dan sosial
  2. Bisa Sejahtera
  3. Bisa Cerdas
  4. Bisa Sehat
  5. Bisa Bersih
  6. Bisa berkah

Dimensi pembangunan infrastuktur dan kemandirian ekonomi

  1. Bisa Intan
  2. Bisa Emas
  3. Bisa Mandiri

Dimensi pemerataan pembangunan dan kewilayahan

  1. Bisa Bersaing
  2. Bisa berubah

Untuk mencapai tujuan dan sasaran juga diperlukan mengkondisikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang bersih
  2. Keamanan dan ketertiban
  3. Penegakan Hukum
  4. Stabilitas politik dan demokrasi
  5. Zero corruption
  6. Penerapan system pagu indikatif kecamatan

Sedang hubungan Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Indikator Sasaran Pembangunan Kabupaten Halmahera Selatan

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn