Profil Kabupaten Halmahera Selatan

Halmahera Selatan terletak di Propinsi Maluku Utara dan merupakan wilayah yang terdiri atas banyak pulau. Ibukota dari Halmahera Selatan adalah Labuha yang terletak di Pulau Bacan yang merupakan pulau terbesar di Halmahera Selatan. Karena wilayahnya yang berpulau-pulau tersebut maka transportasi yang paling penting sekaligus umum digunakan adalah perahu dan kapal umum.

Untuk menuju ke Pulau Bacan, perlu menempuh sekitar 8 jam perjalanan dengan menggunakan kapal laut dari Ternate sampai Pelabuhan Babang. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum selama 30 menit dari Babang ke ibukota Kabupaten Halmahera Selatan, Labuha. Dari Labuha menuju SD penempatan masing-masing diperlukan moda transportasi dan waktu tempuh yang berbeda; bervariasi dengan angkutan umum, ojek, hingga ketinting (perahu motor) sekitar 30 menit hingga 3 jam perjalanan.

Sebagian besar penduduk Halmahera Selatan berasal dari Suku Bacan, Ternate, Makian, Bugis, Tobelo Galela dan Buton. Mayoritas beragama Islam dan sebagian kecil lainnya beragama Kristen Protestan. Bahasa yang lazim digunakan adalah bahasa Pasar atau Indonesia Pasar dengan logat serta dialek yang tidak jauh berbeda antara suku satu dengan lainnya. Masyarakat Halmahera Selatan cukup terbuka terhadap pendatang namun memiliki karakter yang tegas.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn