Bupati Halsel Hadiri Pelantikan Ketua Dan Penggurus Tim Penggerak PKK Desa Talimau

Bupati Halsel Hadiri Pelantikan Ketua Dan Penggurus Tim Penggerak PKK Desa Talimau

Januari 22, 2018 halselkab 0

Labuha-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Hj.Nurlaila Muhammad resmi melantik Ketua Tim Penggerak PKK Desa Talimau Masah Bakti 2018/2021 Nur Jafar Basra, yang merupakan Istri dari Kepala Desa Talimau Basra Jafar, S. Tobona.Sabtu (20/01/18) di Desa Talimau Kecamatan Kayoa.

Pelantikan Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Desa Talimau ini disaksikan langsung oleh Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Bahrain Kasuba,dan juga Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Halsel, Hj.Aisya Badaruni, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ardiani Rajiloen, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hj.Bustamin Soleman, Kepala Dinas Catatan Sipil Hj.Saban Ali, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Mujiburrahman, Kepala Desa Talimau Basra Jafar, Kepala Desa Lelei serta Masyarakat Kecamakan Kayoa.

Acara pelantikan ini dimulai dengan Pembacaan Surat Keputusan serta penyamatan Rompi Kader PKK yang dipakaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten kepada Ketua Tim Penggerak PKK Desa Talimau.

Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Bahrain Kasuba dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada Ketua dan Anggota Tim Penggerak PKK Desa yang baru dilantik.

Dirinya juga mengingatkan kepada Pemimpin tertinggi di Desa dalam hal ini Kepala Desa agar harus berperan aktif dan harus mampu melakukan pembangunan di Desanya khususnya sektor pelayanan untuk membatu tugas dari ibu-ibu serta masyarakat setempat.

Lebih lanjut lagi, Pembina PKK Kabupaten Halmhera Selatan ini mengatakan bahwa Ketua dan anggota Tim Penggerak PKK Desa Talimau yang baru dilantik harus berperan aktif untuk bisa membangun Desa agar lebih baik sesuai dengan anggaran yang telah diatur.

“Tiga hal yang perlu diperhatikan dan harus menjadi tanggung jawab oleh Kepala Desa, Ketua dan anggota PKK khususnya di Desa, yaitu Paud, Posyandu, dan juga PKK, karena apabila tiga hal ini bisa dibangun maka Desa akan jauh lebih Baik,” tutup Bahrain.

Sementara itu sebelumnya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halmahera Selatan Hj. Nurlaila Muhammad dalam sambutanya berharap agar dengan pelantikan ini dapat mencapai tujuan dari program PKK untuk dapat mensejatrakan keluarga.

Istri dari orang nomor satu di Halsel ini juga merasa sangat terbantu dengan adanya peraturan Pemerintah Daerah dimana disetiap desa harus dibangun pagar, kemudian ada juga penertiban hewan ternak agar hewan tidak berkeliaran dijalan umum, peraturan ini sangat dapat membantu Peran dan tugas dari PKK itu sendiri.

“Dengan adanya pagar yang sudah dibangun di Desa Talimau ini saya berharap agar PKK yang merupakan motor penggerak Desa dan juga mitra penggerak Desa, maka PKK ditugaskan untuk membantu para Ibu-Ibu rumah tangga yang ada di Desa, untuk merealisasikan pekarangan di halaman rumah, dengan bisa menanam Sayur, Tomat, dan juga Rica serta tanaman obat keluarga ,”harapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Halsel ini juga berharap agar bisa manfaatkan tanaman pengusir nyamuk, karena visi dan misi Pemerintah Daerah dibidang Kesehatan ditahun 2021 Halsel bebas dari Malaria.

“Diharapkan agar semua rumah harus menanam tanam Pengusir nyamuk , Karena tanaman pengusir nyamuk ini tidak langka karena masih bisa didapatkan disekitar kita seperti Daun Serai (Garamakusu), dan juga bunga Tai Ayam,”katanya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halsel ini juga menyampaikan bahwa, sesusai dengan Instruksi Pemerintah Daerah melalui peraturan Bupati Halsel dengan adanya edaran bahwa Posyandu yang bertanggung jawab adalah Ibu Kepala Desa.

Lebih jelas wanita yang akrab disapa Lela ini menjelaskan bahwa angka kematian ibu dan bayi tertinggi ada di Maluku Utara, olehnya itu peran ibu Ketua Tim Penggerak PKK Desa yang juga merupakan Ketua Posyandu, agar dapat mengontrol dan memantau Ibu-ibu hamil dan mengecek usia kandungan sampai pada proses melahirkan.

“Ini adalah aturan Undang-undang yang mengatur, jadi peran Kepala Desa dan juga Ibu Desa agar dapat mengontrol ibu Hamil sampai pada proses melahirkan, “tegas Nurlaila.

Sementara untuk Paud di Desa, Nurlaila berharap agar Ibu Desa yang merupakan Bunda Paud, harus selalu aktif dan selalu memperhatikan Paud di Desanya.

Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa dirangkaikan dengan Peresmian Pagar Desa, yang diresmikan oleh Bupati Halsel, kemudian disertai juga dengan Penyerahan Kartu Halsel Sejatrah (KHS)a dan juga Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diserahkan secara simbolis yang diberikan oleh Bupati Halsel Bahrain Kasuba. (Tika)

Leave a Reply:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress spam blocked by CleanTalk.