Labuha-Pementasan dan Pameran hasil belajar siswa/siswi sekolah pelaksana Gerak Seniman Masuk Sekolah (GSMS) Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara resmi dibuka oleh Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba. Sabtu,(2/12/17). Di Canga Matau Kawasan Hutan Karet.

Selain Bupati Bahrain Kasuba, hadir pula Asisten II Bidang Administrasi, Muhlis Sangaji, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halsel. Hj. . Nurlaela Muhammad, Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Maluku Utara Drs. Ahmad Kamis, dan Pimpinan SKPD dilingkup Pemkab Halsel.

Program GSMS ini dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dimana Kab. Halsel ada empat Sekolah yang mewakili Halsel, diantaranya Sekolah SMA 1 Halsel, SMK 1 Halsel, SMP 6 Halsel, dan SMP Halsel.

Dalam sambutan Bupati Bahrain Kasuba menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat pas diadakan di Halsel , karena saat ini Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halsel mulai mencoba dengan potensi sumber daya alam disektor pariwisata dan juga kebudayaan.

“Alhamdulillah Halsel sudah punya suatu kawasan taman budaya yang ada dikawasan hutan karet ini, dan ada kurang lebih 20 etnis rumah adat, suku-suku yang menetap di Kabupaten ini yang terhimpun dalam bingkai saruma,” kata Bahrain.

Selaku Ketua Komite Nasional Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Maluku Utara (Malut) ini berharap semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa menjadi bagian untuk dapat mengembangkan seni dan budaya di Halsel.Dirinya juga berharap agar semua sekolah yang ada di Halsel bisa terlibat dalam GSMS tersebut.

“Jangan hanya empat sekolah saja yang masuk, tetapi kalau bisa Halsel lebih banyak dari Kota Ternate”, harapnya.

Lelaki yang Hobi Olahraga Bola kaki ini juga menyampaikan Halsel memang pantas dijadikan sebagai pusat seni Budaya Maluku Utara dan secara umum Nusantara.
“Ada 20 etnis yang menetap di Halsel, dengan beragam Kebudayaan,olehnya itu Halsel layak sebagai pusat seni dan Budaya Malut,

Sebelum menutup sambutannya Bupati mengingatkan kepada para guru-guru dari empat sekolah yang masuk di GSMS ini agar lebih bersemangat untuk dapat membina dam mendidik para siswa-siswi disekolah masing-masing khususnya dibidang Seni dan Budaya.

Sementara Kepala Bidang Kebudayaan dan Pendidikan Provinsi Maluku Utara, Drs. Ahmad Kamis, berharap semoga dengan adanya kegiatan GSMS ini dapat membawah dampak besar untuk pembangunan di Kabupaten Halmahera Selatan kedepannya.

Acara diakhiri dengan pemberian Piagam penghargaan Oleh Bupati kepada Kepala Sekolah di empat sekolah yang masuk dalam GSMS, serta persembahan Tarian dan Pameran lukisan dari siswa/siswi perwakilan dari empat sekolah tersebut. (diskominfo Halsel)

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *