Dukcapil Jemput Bola Lakukan Pendataan Dan Percetakan Akta Kelahiran Di Desa-Desa

Website Resmi Pemkab Halmahera Selatan

Dukcapil Jemput Bola Lakukan Pendataan Dan Percetakan Akta Kelahiran Di Desa-Desa

6 Desember 2018 BERITA UTAMA KEGIATAN PEMKAB HALSEL 0

Labuha -Dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Halmahera Selatan melakukan pedataan dan pencetakan Akta kelahiran di desa-desa.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan ada warga di pedesaan yang sampai saat ini belum memiliki Akta kelahiran, di karenakan kesibukan ataupun kurangnya biaya transportasi dan juga keterbatasan waktu sampai mereka belum dapat mengurus dan belum  memiliki akta kelahiran sampai saat ini.

Kepala Bidang Pencatatatn Sipil, Muhammad Kamarullah, SE,  saat di konfirmasi mengatakan, Gerakan Jemput Bola ini di lakukan agar mempermudah  masyarakat untuk memiliki Akta Kelahiran, nantinya bukan hanya di 5 desa saja, tetapi semua desa di halsel akan kami datangi untuk melakukan pencetakan lansung di Lapangan,  agar  semua masyarakat memiliki akta kelahiran.

Pencetakan di lima desa di kecamatan Kasiruta Timur antara lain,  Desa Loleo Jaya,  Desa Loleo Mekar, Desa Tawa, Desa Tuhutu, Desa Marituso. Dan Desa Bajo Kec. Botang Lomang.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Halmahera Selatan Mahmud Samiun, S.Ag, M.AP yang ikut turun lansung dilapangan, memantau kegiatan tersebut mengatakan, Kegiatan ini kami berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Setempat, agar memfasilitasi Lokasi guna peleayanan tersebut bisa dilaksanakan. Dan sampai salesai melakukan kegiatan kami tidak mengalami masalah dan berjalan dengan lancar, hanya saja beberapa desa terdekat yg belum datang ke ibu kota kecamatan dimana proses pencetakan kami lakukan, padahal sudah ada undangan lewat Aparat Desa. Tapi nantinya kita juga akan turun lansung ke desa tersebut jelas Mahmud Selaku Sekretaris Dinas.

Camat Kasiruta Timur, Sanusi Haruna, SE mengatakan pihaknya sangat bersyukur sekali dengan adanya Kegiatan Jemput Bola dari Disdukcapil Halmahera Selatan ini, karena sebagian besar masyarakat kami di Kecamatan Kasiruta Timur belum semuanya memiliki Akta kelahiran, sehingga mereka jika mendaftar sekolah harus mengurus lagi ke Kantor Disdukcapil Kabupaten yang yang Rentang Kendalinya Jauh dari Kecamatan kami. Tapi sekarang petugas Capil Sendiri yang lansung melaukuan pendaftaran dan Lansung Mencetak Akta Tersebut di Kantor Camat.  Saya berharap Kedepan Semoga Kerja Sama ini dapat terjalin tutup Sanusi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Halmahera Selatan H. Saban Ali, SH, M.Si. saat di konfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, Kami Mencanangkan Program ini ke masyarakat, yang pertama,  agar masyarakat yang usia mulai dari 0 sampai 18 Tahun di seluruh desa bisa tercover di system kami. Karena mengingat Halmahera Selatan adalah daerah kepulauan, yang di dominasi Lautan, sementara penduduk di desa – desa yang jauh dari ibu kota kabupaten, dan belum adanya fasilitas layanan komunikasi dan fasilitas Internet jadi haru pendataan secara manual.

Yang berikut tujuan dari Program ini juga, agar masyarakat dapat merasakan Pelayanan Lansung dari Pemerintah karna bagaimana pun pemerintah adalah Abdi masyarakat dan sudah sewajarnya kita memberikan pelayan yang prima, Cepat, Tepat, dan Hemat. Jelas Kadis Dukcapil.

Saat ini Disdukcapil telah mengembangakan Aplikasi Pendaftaran KTP dan Lain2. Yang dapat diaksek melelui Website Resmi Disdukcapil Halmahera Selatan pada Link http://disdukcapil.halmaheraselatankab.go.id.

Selain aplikasi registerasi berbasis web, masyarakat juga dapat mengecek NIK dan KK secara Online.

Kepala Bidang Inovasi dan Pemanfaatan data Hadjar Abdulllah, S.AP. mengatakan Selain program Jemput Bola, ada Juga Pelayanan GO TO SCHOOL yang pencetakan KTP lansung di Sekolah – Sekolah Tutup Hadjar. (Diskominfo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *